Selasa, 10 Mei 2016

ALUMNI


Menurut KBBI, alumni adalah orang-orang yg telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Jadi, kalau saya berpedoman pada KBBI, maka saya berhak mengaku sebagai alumni, terlepas dari di mana saya pernah belajar.

Paling tidak, kalau ada pertanyaan memaksa soal sekolah, saya bisa mengaku sebagai alumni sebuah lembaga pendidikan tanpa harus merasa berdosa. Pasalnya, di masyarakat kita, memang ada sebagian kalangan yang merasa bahwa status pendidikan formal itu sungguh penting. Bahkan lebih penting dari soal layak atau tidaknya seseorang menyandang status alumni.


Bagi saya sendiri, status alumni tak lebih dari sekadar pengingat bahwa 'saya pernah pergi ke sana'. Sekadar pengikat di kalangan kelompok kecil teman-teman yang pernah sama-sama makan di warung Bu Tunduh.

Maka ketika ada reuni akbar di Jatinangor, niat saya sederhana. Ketemu kelompok kecil teman-teman sekelas, ngopi bareng, ketawa-ketawa, dan ngobrol dengan bahasa kasar, seperti dulu. Menjadi manusia yang jujur dan tulus seperti di masa lalu, tanpa embel-embel predikat yang disandang saat ini (kalau ada).

Jadi saya sama sekali tidak peduli jika Ikatan Alumni mengadakan pemilihan ketua baru. Ikatan Alumni (maksud saya, yang formal) buat saya tak lebih seperti saudara jauh. Mungkin ada sedikit hubungan kekerabatan, tetapi bahkan tak saling kenal. Apalagi saling membantu.

Orang-orang yang konon menjadi anggota otomatis hanya dirangkul saat dibutuhkan. Sebagai bekal hitung-hitungan, sebagai angka, dan bukan sebagai manusia. Lumayan, barangkali jadi tukang dorong ke posisi atau jabatan tertentu. Mungkin, karena saya tidak tahu, dan tidak mau tahu, juga tidak mau dirangkul, kecuali jika Ikatan Alumni adalah nama seorang perempuan cantik.

Beruntunglah saya masih punya teman-teman sederhana yang juga sama-sama memilih menjadi manusia dan menikmatinya dengan tulus. Sebab kalau tidak, saya mungkin sudah lama mencoret 'saudara jauh' ini dari daftar keluarga.

08052016

catatan oleh-oleh reuni akbar


P.S.: Jika ada waktu, saya masih punya beberapa tulisan lain untuk Anda: