Jumat, 06 Mei 2016

BAYI DI CINA LAHIR DENGAN 31 JARI

Bayi dengan 16 jari kaki

Sebuah keluarga yang hidup dalam kemiskinan di Cina sudah putus asa mencari bantuan dari luar dengan harapan mereka bisa mengoperasi bayi laki-lakinya.

Hong Hong, yang berusia hampir 4 bulan, mengalami polydactylism, atau kondisi bawaan kelebihan jari tangan atau kaki. Ini bukan kondisi yang terlalu istimewa, dan menimpa sekitar satu dari setiap 1.000 kelahiran; tetapi biasanya, hanya tangan atau kaki saja yang terkena (tidak tangan dan kaki sekaligus), dengan satu atau dua tambahan jari per tungkai.

Tapi kondisi bayi Hong Hong ini sangat berbeda.

Anak laki-laki yang lahir di provinsi Hunan pada bulan Januari ini memiliki 15 jari tangan dan 16 jari kaki. Dia juga memiliki empat telapak tangan (dua telapak pada masing-masing tangan) dan tidak memiliki ibu jari.
15 jari tangan

Ibu Hong Kong sendiri memang mengidap polydactylism dan memiliki 12 jari tangan dan 12 jari kaki. Dia dan suaminya mengatakan mereka sedang mencari nasihat medis mengenai cara terbaik untuk mengobati anak mereka.

Sejauh ini, dokter telah memperingatkan bahwa operasi yang diperlukan untuk menghapus jari tambahan dan pembuatan jempol hasil rekonstruksi akan menjadi prosedur yang rumit dan mahal. Operasi itu dilaporkan bisa menghabiskan biaya sebesar $ 30.000.

Guna mengumpulkan uang untuk operasi, keluarga Hong Hong telah mencoba platform penggalangan dana dan konon berhasil mengumpulkan lebih dari $ 6.000 sampai saat ini. Tapi, Zou Chenglin, ayang si anak mengatakan kepada CNN bahwa mereka memutuskan untuk menghentikan usaha mereka "karena berbagai komentar yang mereka terima tentang pengumpulan uang secara online."

Untuk saat ini, dokter mengatakan bahwa Hong Hong masih terlalu kecil untuk menjalani operasi. Mereka menyarankan agar anak itu dioperasi pada usia antara 6 bulan sampai satu tahun, seperti dikutip koran Cina Sina News.

Menurut Guinness World Records, orang yang lahir dengan jari tangan dan kaki terbanyak adalah Akshat Saxena yang lahir di India pada tahun 2010. Akshat, yang menjalani operasi karena kondisi tersebut, lahir dengan total 34 jari - 14 jari tangan dan 20 jari kaki.

Sumber: http://www.huffingtonpost.com


P.S.: Jika ada waktu, saya masih punya beberapa tulisan lain untuk Anda: