Kamis, 17 Oktober 2013

NYAMAN BERKOMENTAR

Sebelumnya saya minta maaf karena komentar-komentar Anda di blog saya terhapus. Sayang memang, sebab itu adalah catatan sejarah kecil-kecilan dari interaksi saya dan Anda. Tapi saya harus memilih.

Tidak, tentu saja bukan karena saya tidak suka komentar Anda. Lagi pula, siapa saya sehingga berhak memberangus pendapat Anda? Alasannya sederhana, demi kenyamanan. Dan kenyamanan itu kian mahal saja sekarang ini. Makanya harus diusahakan :)

Jika kemarin-kemarin Anda berkomentar di salah satu postingan saya, maka komentar Anda akan muncul di semua postingan yang lain. Jadinya menumpuk, dan saya tidak tahu Anda sebetulnya berkomentar untuk tulisan yang mana. Nggak nyaman jadinya. Maka saya harus otak-atik lagi.

Dengan mengganti script agar komentar menjadi rapi per posting, hilangnya komentar saat menggunakan script lama tak terhindarkan. Makanya saya minta maaf sejak awal. Sekarang insya Allah komentar akan lebih rapi dan tidak muncul di mana-mana. Hanya muncul di posting yang memang Anda komentari.

Kenapa tidak menggunakan form komentar bawaan Blogspot saja? Pada prinsipnya bisa, tetapi saya memaham betul bahwa orang selalu ingin cara yang paling praktis. Dan yang versi Blogspot itu agak ribet, harus login lagi, masukin ini itu lagi, dst. Sementara dengan comment box Facebook, Anda tidak perlu login lagi, tinggal tulis komentar, beres.

O ya, soal tampilan yang jadul, dengan huruf seperti hasil ketikan mesin tik manual, dan warna yang dominan hitam putih, itu memang disengaja. Biarlah blog orang saja yang tampil mewah dan meriah warna-warni. Saya lebih suka oldies :) Kenapa? Alasannya mungkin bisa Anda temukan di tulisan saya yang ini.

Selamat menjalani hari yang lebih baik.


P.S.: Jika ada waktu, saya masih punya beberapa tulisan lain untuk Anda: