Selasa, 10 Desember 2013

SEPATU REGULER

Istilah apa pula ini? Memang ada sepatu reguler dan non-reguler di toko sepatu? Sampai anak alay punya cucu pun Anda tak akan pernah menemukan istilah ini dalam industri persepatuan. Istilah ini hanya ada di kalangan musisi kafe.

Ada dua istilah yang dipakai untuk membedakan jumlah uang yang diterima para musisi ini: reguler dan event. Reguler sesungguhnya merujuk pada jadwal manggung tetap di satu tempat. Mereka biasanya dibayar per bulan. Jadi kalau misalnya mereka main seminggu sekali, maka bayarannya baru diterima empat minggu kemudian. Mirip orang gajian.

Nah, di luar itu biasanya ada panggung-panggung yang digelar dalam peristiwa tertentu. Ini disebutnya event. Misalnya, yang paling ditunggu biasanya acara tahun-baruan. Di urutan berikutnya: wedding party, gathering, reuni, serta event lain yang waktunya tidak tentu, tergantung kebutuhan. Tarif event ini biasanya jauh lebih tinggi dibanding tarif reguler. Makanya posisi si 'event' ini agak sedikit istimewa dibanding si 'reguler'.

Lagu dipersiapkan lebih matang. Latihan bareng juga lebih serius. Termasuk soal sepatu dan kostum. Maka lahirlah istilah sepatu reguler, sepatu event, baju reguler, baju event, dan seterusnya. Ada uang, ada barang. Istilah ini benar-benar berlaku di sini. Karena bayarannya lebih tinggi, maka penampilan dan performance harus lebih bagus. Sepatu dan baju untuk event biasanya lebih bagus dibanding yang biasa dipakai untuk perform reguler.

Meski demikian, bukan berarti mereka bermain asal-asalan saat perform reguler di kafe. Mereka sadar betul bahwa job untuk event justru sering berasal dari job reguler mereka. Kabar yang beredar dari mulut ke mulut tentang band yang mainnya bagus di kafe, biasanya menjadi rujukan E.O pada saat mengadakan event. Band atau grup yang main asal-asalan di jadwal reguler biasanya jarang dilirik oleh penyelenggara panggung event.

Ada simbiosis mutualisma antara job reguler dan job event. Semakin sering main di berbagai kafe, semakin dikenal mereka. Tapi itu saja belum cukup. Semakin bagus mereka main di kafe, semakin banyak orang yang merekomendasikan mereka untuk bisa main di berbagai event. Artinya, meski cuma bersepatu reguler, mereka tetap harus main bagus, agar mendapatkan banyak kesempatan untuk bisa mengenakan sepatu event :)


P.S.: Jika ada waktu, saya masih punya beberapa tulisan lain untuk Anda: