Jumat, 28 Februari 2014

SATURA, REINKARNASI DJANGO REINHARDT

Bandung memang gudangnya kreativitas. Ekspresi kreativitas itu tercermin dalam banyak hal, termasuk soal musik jazz. Di antara sekian banyak aliran musik jazz, terselip satu nama yang mungkin tidak begitu familiar di ranah musik tanah air: Gypsy Jazz alias European Jazz atau kadang disebut juga Jazz Manouche.

Kurang populer bukan berarti tidak berkualitas. Aliran yang satu ini diperkenalkan oleh gitaris Perancis kelahiran Belgia, Django Reinhardt. Musiknya banyak dipengaruhi oleh folk music dari Eropa Timur, swing Amerika, dan juga musik dansa Perancis. Teknik gitar sang maestro ini merupakan sebuah inovasi dan memang cukup sulit untuk dimainkan, sehingga kesempatan untuk menikmatinya di panggung-panggung musik juga tidak begitu banyak.

Namun bukan Bandung namanya jika tidak dipenuhi orang-orang kreatif. Jika Anda rajin mengikuti event-event musik jazz di Bandung, belakangan ini mencuat satu nama: Satura, yang secara eksklusif memainkan musik Gypsy Jazz. Kemunculan dua gitaris personil Satura, Arief Ginanjar dan Opik Bape, seolah-olah membawa kita ke awal abad 19, saat musik jenis ini dipopulerkan.

Mengikuti jejak Django Reinhardt sang maestro, Satura benar-benar hanya mengandalkan dua gitar dan sama sekali tidak menggunakan drums ataupun bass sebagaimana musik jazz pada umumnya. Gaya bermain seperti ini masih banyak dijumpai di Eropa, namun di Indonesia amat sangat jarang, kalau tidak boleh mengatakan tidak ada. Irama dinamis yang ditimbulkan dari aliran yang kerap disebut swing string ini seakan-akan melontarkan pendengarnya ke atmosfir magis era 1930-an. Tak perlu pergi ke Paris menggunakan mesin waktu untuk sampai ke sana. Cukup pejamkan mata Anda, dan nikmati sensasi bunyi yang dimainkan duo ini.


Kolaborasi Satura dengan pemain biola muda berbakat Bandung, Estu Hning di ALIA Potluck

Jadi, jika Anda ingin mendengarkan komposisi bernuansa gypsy jazz secara live, sering-sering saja datang ke Bandung. Bahkan, bukan tidak mungkin jika Satura juga tiba-tiba hadir di kota Anda, karena belakangan ini mulai sering mendapatkan tawaran main di luar kota. Selain rutin bermain reguler di berbagai kafe, saat ini Satura sedang mempersiapkan diri untuk tampil di event Kampung Jazz 22 Maret 2014 mendatang, yang juga mengundang beberapa musisi jazz luar antara lain Renee Olstead, Tortured Soul, dan French Kiwi Juice.

Bravo, Satura!

(Tata Danamihardja)


P.S.: Jika ada waktu, saya masih punya beberapa tulisan lain untuk Anda: