Selasa, 18 Maret 2014

SAJADAH

Sajadah menurut KBBI adalah alas yg digunakan untuk sholat, berupa karpet dsb., berukuran kecil, kurang lebih 80 x 120 cm. Apakah sholat harus selalu menggunakan sajadah sebagai alas? Tentu tidak, sebab sajadah tidak termasuk syarat sahnya sholat.

Saya jarang membawa sajadah ke mesjid, sebab saya berasumsi bahwa karpet mesjid itu bersih dan sah untuk dijadikan tempat sholat. Kalau Anda mau bawa sajadah sendiri juga tidak apa-apa. Dan tentu bukan berarti Anda menganggap bahwa karpet mesjid kotor sehingga perlu diberi alas lagi dengan sajadah.

Intinya, dengan atau tanpa sajadah, kita berniat menjalankan perintah agama sesuai aturan. Maka seharusnya tidak ada tujuan lain selain itu. Misalnya agar terlihat keren, kaya, atau banyak uang karena sajadah kita bagus.

Atau, jangan-jangan kita membawa sajadah karena kita ingin duduk dengan nyaman? Soalnya sering saya lihat orang membawa sajadah super lebar sehingga ia bisa bersila dengan selebar-lebarnya. Bahkan terlihat kurang senang jika kaki orang di sebelahnya melanggar batas pinggir sajadah yang didudukinya :)

Padahal ketika berada di masjid, selain tujuan kita beribadah mengikuti perintah Allah, kita juga belajar berbagi dan tidak bersikap mau enak sendiri. Ingin duduk nyaman sambil tertidur, sementara orang di sebelah kita harus menekuk kaki rapat-rapat sebab jatah tempat duduknya sangat sempit.

Filosofi sholat berjamaah adalah menjalin kebersamaan, saling berbagi, belajar merasakan kesusahan orang lain, dan seterusnya. Toh waktu sholat (ditambah khutbah, kalau sholat Jum'at) tidak menghabiskan waktu seharian. Tak akan membuat kita mati kalau sekedar menahan sedikit kesemutan karena berbagi tempat yang sempit dengan orang lain.

Meski sholat kita belum sempurna, siapa tahu pahalanya bertambah hanya dengan sedikit berkorban, mau berbagi ketidaknyamanan bersama-sama dengan orang lain. Ini seperti sepele, tetapi penting untuk mulai belajar merasakan sesuatu yang mungkin selama ini terabaikan.

Maka, kalau nanti Anda mau beli sajadah baru, jangan beli yang super lebar ya? Jangan sampai ada hak orang lain yang terampas hanya karena kita ingin nyaman sendiri :)


P.S.: Jika ada waktu, saya masih punya beberapa tulisan lain untuk Anda: